MPPL - Quiz 1 - 2022
Nama : Hansen Idden
NRP : 5025201100
Kelas : MPPL B
Tahun : 2022
1. Sebutkan perbedaan pekerjaan proyek dan pekerjaan rutin
Kegiatan Proyek
- Non turin, dinamis
- Siklus proyeknya pendek
- Intensitas kegiatan dala periode siklus proyek berubah - ubah
- Terdiri dari macam - macam kegiatan yang memerlukan banyak disiplin ilmu
Kegiatan Rutin
- Rutin, berulang
- Berlangsung dalam jangka panjang
- Intensitas kegiatan relatif selalu sama
- Macam kegiatan tidak terlalu banyak
2. Apa saja yang perlu dikelola dengan baik agar proyek dapat berhasil ?
- Waktu : Project manajer harus dapat mengestimasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu proyek
- Lingkup : Bagian - bagian tugas untuk semua pekerjaan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek
- Anggaran : Project manajer harus dapat mengestimasi anggaran, melakukan pembudgetan, mengontrol anggaran, dan mencatat anggaran agar proyek dapat diselesaikan dengan anggaran yang tersedia.
- Kualitas : Kualitas adalah kriteria dasar lain sebagai parameter kesuksesan proyek. Kualitas adalah jaminan sebuah produk untuk memberikan keyakinan bagi client untuk membeli atau menggunakan produk tersebut. Maka Quality Plan dibuat client sebagai pedoman bagi pengerjaan proyek
3. Siapakah yang dimaksud dengan stakeholder dalam proyek. Sebutkan dan jelaskan perannya.
Stakeholder merupakan semua pihak individu, kelompok, maupun organisasi yang terkait dalam suatu proyek. Peran dari stakeholder adalah
- pemilik atau pemegang saham untuk menyediakan modal
- pegawai atau karyawan agar sebuah perusahaaan berjalan sebagaimana mestinya
- Supplier, untuk memproduksi bahan atau alat yang dibutuhkan
- Konsumen, sebagai pemakai atau pengguna dari produk yang sudah diproduksi sebuah perusahaan
- Bank, sebagai peminjam dana bagi perusahaan yang membutuhkan
- Kompetitor, perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang sama bagi perusahaan yang lain
- Pemerintah, membagi ijin bagi suatu perusahaan untuk mendirikan suatu perusahaan tersebut di suatu tempat
4. Komposisi Tim Proyek terdiri dari siapa saja ? Apa peran masing - masing ?
- Manajemen Proyek (PM) - Para anggota yang melakukan aktivitas manajemen proyek seperti penjadwalan, penganggaran, pelaporan, dan kontrol, komunikasi, manajemen risiko dan administrasi pendukung
- Staf proyek, Para anggota tim yang mellaksanakan pekerjaan menciptakan hasil kerja proyek
- Ahli pendukung, melakukan kegiatan yang diperlukan untuk mengembangkan atau melaksanakan rencana pengelolaan proyek seperti kontraktor, manajemen keuangan, logistik, hukum, keselamatan, teknik, tes, atau kontrol kualitas
- Pengguna, anggota yang menerima hasil kerja
- Penjual, vendor, perusahaan eksternal yang masuk ke dalam perjanjian kontrak untuk menyediakan komponen atau jasa yang dibutuhkan
- Mitra bisnis, perusahaan eksternal yang memiliki hubungan khsusus dengan perusahaan. Mitra biasanya menyedakan keahlian khusus
5. Tuliskan draft Project Charter
Comments
Post a Comment